Selasa, 03 April 2012

Keunikan masakan khas kota medan

haii?? wellcome to my posted first 

 

pertama kali lihat medan.. pasti yang kita lihat itu.. mesjid raya nya... yakan??
atau yang sebagainya lah .. tapi perlu kamu ketahui.. gak cuma tempat tempat seprti itu aja.. lebih dari itu malah.... mau tau apa??

ya makanan nya dong....
banyak makanan yang bisa kita temui/nikmati di kota ini.. baik itu makanan "KHAS" atau pun makanan "BERKELAS INTERNASIONAL" nya,...

 

berikut daftar makanan yang berhasil aku rasain di kota medan ini :) hehhehe :D 

1.Kerang rebus

Kerang rebus Medan sama saja seperti kerang rebus biasanya, hanya saja sambal kerangnya yang bikin beda.  Ini hanya ada di Medan, padahal bahan-bahan untuk membuat sambal biasa aja, gak ada yang istimewa, diseluruh Indonesia juga pasti ada. Bumbu sambel paduan kerang rebus yaitu terdiri dari parutan nenas, cabai yang dihaluskan dan kacang tanah yang sudah ditumbuk . Rasanya sangat nikmat sekali , paduan yang sangat serasi buat lidah orang Medan.

2.Soto Medan 


Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. masing masing daerah memiliki keunikan sendiri di masing masing daerahnya.. begitu juga di kota medan...
Soto Medan adalah sebuah masakan khas dari Kota Medan. Sekilas soto ini seperti soto ayam biasa, tapi soto ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat  yang tidak bisa ditemui pada soto ayam manapun. Perbedaan terbesar Soto Medan dengan soto ayam biasa, terletak pada kuah sotonya. Kuah pada Soto Medan memiliki santan yang sangat kental sehingga cita rasa soto lebih nikmat dan sedap.


3.Cenil

kenal makana yang satu ini gak? 
ya.. kue cenil..kue Cenil emang udah tidak asing lagi ditelinga masyarakat kota medan, kue cenil ini sudah ada sejak dulu, kue ini diolah dengan cara yang tradisional. kue cenil memiliki ciri khas yang unik,dari bentuk,hingga warnabahkan rasanya.Banyak bentuk dari kue cenil ini yaitu ada yang bulat-bulat kecil, panjang-panjang,dan sebagainya. Begitu juga halnya dengan warnanya,cenil ini memiliki aneka warna yang membuat orang tergiur utk memakannya.

4.Bolu gulung meranti

kenal makanan yang satu ini gak? opp.. ya jelas harus kenal dong yaa,, makanan yang satu ini telah dijadikan salah satu ikon di kota medan.. yaa.. bolu gulung meranti. Bolu gulung Meranti ini ada beberapa macam jenis. Misalkan saja bolu gulung standar, bolu gulung spesial, bolu gulung 3in1, Kesemuanya tersedia dalam rasa cokelat meisis, keju, moka, strawberry, nenas, bluebbery, dan masih banyak lainnya bagaimana kawan kawan? enak kaann??


5. Rujak serut

Rujak Serut,Rujak yang berbeda dengan rujak yang biasanya,Rujak serut ini diolah dengan cara di parut terlebih dahulu buah-buahannya bila rujak biasa,buahnya hanya di potong atau di iris-iris. Rujak serut ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan rujak yang biasanya,karna rujak serut ini menggunakan bumbu yang di olah dengan ulekkan cabai merah,bawang merah,dan di beri sari buah kuini atau mangga sebagai bumbu rujak serut.. hmm pasti seger banget yakan??


6. Putu ayu

Putu Ayu adalah sejenis kue yang sangat enak,kue ini bisa disantap saat santai pada pagi hari,siang hari,maupun malam hari.
Putu Ayu juga menyehatkan karna kue yang satu ini banyak mengandung santan kelapa,karna santan kelapa selain bisa di buat memasak,  Jika anda penasaran, dan belum pernah ngerasain kue Putu ayu ini…bisa anda konsumsi/nikmati,adakok di medan.
hehehe :D sekalian promosiin medan cuui :)

7. Pohul-Pohul 

Pohul – pohul adalah Makanan dari Sumatra Utara .Pohul-pohul terbuat dari bahan- bahan yang bergizi.Dan pohul juga termasuk makan yang lembut jd jangan khawatir untuk memakan nya .

maaf karna gak aku belum bisa ngasih lebih banyak informasi tentang ini.. karna uda lupa gimana rasanya.. hehehe :D



8. Ombus-Ombus

Ombus-ombus adalah kue tradisional Batak. Selalu pada acara ceremonial adat Batak tertentu, biasanya ombus-ombus tetap menjadi hidangan sela dibarengi kopi atau teh. Kue yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut yang didalamnya terdapat gula aren ini biasanya lebih enak dinikmati jika panas-panas.

Soal rasa tak perlu ditanya. Bagi yang pernah mencicipnya mungkin akan punya pendapat yang berbeda. Tetapi paduan tepung beras dan gula aren akan memberika cita rasa yang unik. emmhh.. jadi kangen aku sama masakan yang satu ini.. :D


hehe :D kayaknya aku udaa lupa yang laennya,, tapi tenang aja... ntar aku postingin balek lah... hahaha :D

buat sementara ini aja dulu ya... :)

1 komentar: